20 August 2009

NASI KUNING KOTAK


“Tujuh belas agustus tahun empat lima…itulah hari kemerdekaan kita…”. Setiap tanggal 17 agustus lagu itu selalu bergema di bumi Indonesia, dirayakan oleh rakyat Indonesia dengan berbagai cara, ada yang mengikuti upacara bendera, mengadakan perlombaan, mengadakan syukuran dll. Kali ini aku mendapat tugas yang berhubungan dengan masakan yaitu membuat nasi kuning yang akan dihidangkan pada malam syukuran
17 agustus di tempatku. Biasanya nasi kuning ini berbentuk tumpeng tapi untuk lebih praktis aku tempatkan nasi kuningnya dalam kotak. Yuk ikuti cara membuatnya.

BAHAN :
1. Beras ½ kg ( cuci bersih )
2. Santan dari ½ butir kelapa
3. Daun pandan 2 lembar
4. Kunyit 1 ruas jari ( Parut dan saring, ambil air perasannya )
5. Daun salam 2 lembar
6. Daun jeruk 3 lembar
7. Jahe 1 ruas ( geprek )
8. Lengkuas ( geprek )
9. Garam dan penyedap rasa sapi/ayam

CARA MEMASAK :
1. Peras santan dengan ukuran air sebanding dengan beras ditambah satu. Contoh beras ½ kg ukur dengan gelas biasa, hasilnya nanti dijadikan patokan ukuran air untuk memeras santan ditambah lagi satu gelas.
2. Campur perasan santan dengan perasan air kunyit.
3. Tambahkan bahan-bahan yang lain. Masak sampai santan agak mendidih.
4. Masukkan beras yang sudah dicuci kedalam santan dan masak sampai air santan terserap habis dan beras menjadi setengah matang.
5. Kukus selama 30 menit atau sampai matang
6. Nasi kuning yang sudah matang bisa dicetak dengan berbagai macam model dan sebagai pelengkapnya disajikan dengan ayam, kering tempe, ketimun, telur dadar dll. Selamat mencoba..
DIRGAHAYU RI KE 64


RESEP : BU DEWI

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...